Cara Ternak Lele Di Kolam Dengan Terpal

Ternak Lele

Ternak Lele - dalam beternak lele sebernarnya ada 2 cara yaitu beternak di kolam dan kolam buatan yaitu seperti dengan terpal maupun baner , memang banyak bagi pemula dalam beternak lele dengan terpal karen memang tergolong mudah dan pratis . memang saat ini banyak peternak lele mengunakan terpal karena pratis dan modal nya pun minim tanpa harus mengali dan membuat kolam sunguhan dalam pembibitan maupun pembesaran. selain di mudah dan cepat banyak lagi ke untungan mengunakan kolam dengan terpal untuk beternak ikan lele yaitu hemat biaya dan tidak membutuhkan tukang yang bayak membuat ikan dan juga memnghemat tempat dan juga tidak merusak tanah dan juga bagus bagi lahan beternak masih tergolong sempit.

Ternak Lele Di Kolam sangat lah mudah hanya membutuhkan
  • terpal tentu nya
  • tali
  • dan bambu sebagi tempat penopang dan bersandar nya kolam terpal
nah bagi anda ingin mengeluti usaha ini harus anda penuhi dan simak artikel di bawah ini :

1. Pembuatan Kolam Ikan Dengan Terpal 


hak pertama dalam pembuatan kolam ikan dengan terpal harus lah mempersiapkan bahan dan alat yang harus anda penuhi yaitu berupa :

  • terpal ukuran yang cukup besar dan tidak ada lubang atu terpal bolong agar kolam ikan tak bocor air pun menjadi habis
  • dan bambu atau pun kayu tujauan agar menjadi penopang kolam terpal anda agar tidak kabur , dn biasa nya para peternak mengunakan kolan buatan dengan semen dan di lapisi dengan terpal.
  • dalam pembuatan kolam harus lah anda buat rangkaian dan desain kolam agar saat mulai tidak kebingungan .sebaik nya di lakukan dengan lebih dari 1 orang agar saling menopang dan membantu dalam pembuatan kolam terpal.
  • tentukan tempat agar terhindar dari serangan hewan lain berupa ayam dan kambing maupun sapi Dll.
  • gunakan terpal yang tebal dan lebar.
  •  cek dan periksa lah kolam dan uji coba kolam dengan air apakah bocor atau tidak.

2. Pemilihan Bibit Unggul Pada Kolam Ikan


setelah kolam siap di huni oleh ikan dan sudah di tambahkan air jernih dan selanjutnya tips pemilihan bibit ikan lele yang unggul . bagus nya pembeliann bibit unggul pada ikan lele harus lah pada peternak yang menjual bibit dengan jumblah banyak. dalam pembelian bibit pada lele sebaik nya pilihlah bibit ikan yang aktif . jika bibit sudah di dapat lalu tebarkan lah bibit pada kolam banyak nya bibit dalam 1 kolam ukuran 2 x 1 x 1 meter yaitu 1000 bibit , oh ya sebaik nya bibit sebelum di tebar di diamkan terlebih dahulu dalam ember berisi air kolam selama 30 menit.

3. Pengaturan Pada Kolam Dan Air 


apabila sudah selesai menebar bibit pada kolam sebaik nya aturlah air di kolam . mengatur air yaitu kotor tetapi ini di dalam terpal bukan di dalam kolam , air di dalam kolam ikan harus lah di atur berkala sesuai pertumbuhan ikan apabila ikan sudah berkembang tambah debit air, agar kondisi ikan pda terpal tetap stabil tanap kekurangan air . air pada ikan lele pun tidak harus terlalu jernih juga . dan atur lah kolam air agar berwarna kecoklatan dan berwarna hijau .

4. Pemberian Pakan 


dalam beternak ikan lele di terpal harus lah mengotrol pakan pada ikan sebaik nya ikan di beri paka sebanyak 3 x sehari pada pagi sore dan malam , dan untuk jenis pakan nya sebaik nya sesuai kan dengan ukuran dan jenis ikan lele yang di ternakan. untuk dalam pemberian pakan lele jangan terlalu banyak hal seperti mencampurkan nya. ada makanan tambahan pada ikan lele berupa:
  • ayam yang terkena penyakit maupun mati memang pakan ini sangat lah di gemari pada ikan . dan juga mengurangi biaya dalam pembelian pakan ikan
  • daunan admin tak terlalu tau dengan daunan nya sebaik nya anda berkonsultasi kepada peternak ikan pakan apa saja yang selain pur agar mengurangi biaya pemebelian pur ikan.
  • pur ikan banyak penjual pakan ternak yang menjual pakan ikan ini sebaik nya jangan terlalu sering memberi pakan ikan lele dengan pur , sebaik nya berilah pakan sampingan juga contoh nya seperti di atas , apabila ikan hanya memakan pur terus menerus akan lebih sulit memberi pakan cadangan atau pun lain nya.
sebaik nya jangan telat dalam pemberian pakan ikan karena di dalam terpal tidak lah ada makanan tambahan berupa cacing di tanah atau pun makanan hal nya di tanah.

sekian lah artikel yang bisa saya berikan yaitu berjudul cara ternak lele di kolam dengan terpal jika anda suka dengan artikel ini bisa anda bagikan di medsos.

Baca Juga : Cara Budidaya Kambing Etawa Hingga Berhasil

Baca Juga : Jenis Benih Bibit Lele Paling Unggul Dan Bagus

Baca Juga : Cara Budidaya Kambing Etawa Hingga Berhasil

Subscribe to receive free email updates: