Cara Buat Kandang Bebek Petelur Sederhana Dari Bambu

Kandang Bebek Petelur

Kandang Bebek - bebek memang merupakan binatang ternak yang hidup nya berkoloni tidak seperti ayam mencari makan secara individu oleh sebab itu dalam beternak bebek harus lah mempunyai bebek yang lumayan banyak. bebek biasa nya lebih suka di angon di tempat persawahan yang bekas di panen atau pun di sungai dan tempat-tempat lain yang berkubang dan berair.

Cara Membuat Kandang Bebek


banyak hal yang perlu di perhatikan dalam pembuatan kandang yang di sukai bebek. yaitu ada nya kubangan saya untuk tempat bermain nya dan juga ada nya tempat berteduh dari trik sinar matahri langsung ada bnyak pembuatan kandang dan jenis apa saja bahan yang bisa di gunakan dalam pembuatan kandang bebek koloni.

1 . Bambu 


banyak yang bisa di manaatkan dari tanaman yang satu ini. contoh nya saja yaitu tunas yang masih kecil yaitu ( REBUNG ) merupakan tunas yang masih kecil dari bambu yang bisa di manfaatkan sebagai makanan banyak olahan makanan yang mengunakan rebung. dan juga bambu bisa di manfaatkan menjadi : pagar , membuat kandang ternak, membuat rumah atau bilik . dan lain-lain.

dalam pembuatan kandang harus lah sesuai dengan lahan yang akan di gunakan bisa anda contoh kandang bebek di bawah ini :

Cara Buat Kandang Bebek Petelur Sederhana Dari Bambu

dalam ukuran tergantung anda butuhkan dalam pembuatan kandang harus lah lebih tingi sekitar 1 meter atau lebih dan di buat agak rapat supaya menyulitkan hama yang akan memakan bebek dan para pencuri bebek. dan tak lupa buat juga tempat berlindung bebek dari panas , apabila ada lahan yang cukup sebaik nya buatkan kolam atau kubangan bebek agar bebek betah di kandang.

2 . Waring 


bagi mereka yang tidak tau waring akan saya jelaskan waring yaitu berupa jaring yang panjang , yang biasa di gunakan untuk membuat keramba ikan atau pun melindungi sawah para petani dari ganguan hewan lain berupa ayam ataupun bebek dan juga anak anak yang bermain di sawah.

apakah waring bagus dalam pembuatan kandang bebek , tentu saja bagus waring memang di khusus kan untuk melindungi memang waring tidak sekuat bambu tapi waring cukup efektif dalam pembuatan kandang ternak. jika anda mempunyai waring yang sudah tak terpakai ada baiknya di gunakan saja untuk pembuatan kandang ternak lain nya khusus nya bebek. contoh kandang bebek yang mengukana waring: 

Cara Buat Kandang Bebek Petelur Sederhana Dari Bambu

Cara Buat Kandang Bebek Petelur Sederhana Dari Bambu


gambar di atas hanya sebagai refrensi anda dalam pembuatan ide kandang bebek , untuk tiang-tiang nya bisa mengunakan kayu, bambu dan besi bila ada. lalu di kaitkan atau di ikat mengunakan tali maupun kawat yang biasa digunakan untuk membuat cor-coran pada bangunan. ukuran sesuaikan dengan lahan anda.

3 . Dinding Tembok


yang satu ini memang modal dalam pembuatan nya cukup lumayan besar dari membuat pondasi lalu di buat tembok memang dengan cara ini tergolong aman dari serangan binatang yaitu biawak dan ular dan biasa nya para pencuri . para binatang buas tersebut memakan telur bebek atau pun memangsa bebek itu sendiri . dalam pembuatan nya susuai ke inginan anda atau sesuai lahan anda. tak lupa juga sediakan lah tempat berlindung bebek dari panas matahari ataupun hujan dan bagus nya pada kandang bebek di sediakan juga lahan untuk berenang bebek atau kubangan agar mendapatkan makanan tambahan juga.

sekian artikel yang bisa di berikan yaitu belajar beternak banyak ilmu yang bisa kita gali untuk beternak bisa mencari dari internet ataupun buku dan para peternak lain nya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Buat Kandang Bebek Petelur Sederhana Dari Bambu"

Post a Comment