Jenis Benih Bibit Lele Paling Unggul Dan Bagus

benih bibit lele paling unggul

Jenis Bibit Lele Yang Bagus - pemilihan bibit memang menentukan kesuksesan dalam beternak ikan lele dan apabila hanya memeilih bibit asal asalan bersifat beresiko pada ikan dan akan mengalami kerugian pada ikan.

memang saat ini banyak menyediakan bibit unggul lokal , seperti lele dumbo. sangkuriang dan pyton.  namun dalam bibit yang unggul memiliki kualitas yang bagus juga. cara paling sderhana melhat dari pergerakan bibit ikan lele. dan juga lihatlah cermat dalam pemilihan bibit agar bebas dari kata cacat.

Ada Hal Yang Perlu Anda Ketahui Dalam Pemilihan Bibit


1. bibit berasal dari peternak ikan lele atau budidaya ikan lele


kenapa saya berkata seperti itu dalam hasil benih budidaya ikan lele . biasa nya bibit ikan lebih terjaga kualitas nya karena mengalami proses yang intensi selama budidaya dan terpelihara kualita nya.

selain itu juga bibit budidaya ikan lele cenderung berasal dari indukan yang baik . dan arti nya tidak di ragukan lagi kualitas nya. para pembudidaya pun sudah tahu dengan baik membesarkan benih agar terjamin kualitas nya dan harga jual pun lumayan bibit pun siap jual.

2. gerakan pada ikan


dalam pemilihan bibit harus lah mempunyai pergerakan yang baik pula dan juga lincah . pernahkan anda melihat bibit berenang yang lemas sehingga di tangap dengan tangan pun mudah berarti bibit tersebut memang jelek kualitas nya.

malah sebalik nya jika pergerkan ikan pada saat di tangap mengunakan tangan malah susah di tangap berarti kualitas pada benih bagus. cara ini memang ampuh dalam cara meliat sederhana bibit yang bagus dan unggul.


3. fisik harus lah sempurna


selama dalam pergerakan ikan lele memang lah harus terdapat kesempurnaan tubuh ikan lele . sebaik nya tubuh ikan lele yang mengalami cacat sebaik nya jangan di pilih. upayakan dalam memilih bibit harus lah seragam warna seperti coklat tua atau pun merah kecoklatan. dan terlihat badan kepala ekor harus lah seimbang kulit nya pun bercerah.

bibit ikan lele bagus tidak hidup bergerombol malah harus lah berenang kesana kemari apabila anda menemukan bibit ikan yang kurang sempurna sebaik nya di pisahkan saja. kesempurnaan fisik menentukan harga jual yang tinggi. maka dari itu pun konsumen lebih jeli dalam memilih ikan yang akan di beli nya.


4. ukuran bibit harus lah seragam


seperi waran ukuran nya pun harus seragam seperti badan kepala dan ekor bila ukuran tidak seragam takut nya terjdai pembesaran kepala pada ikan lele , jika pembesaran pada badan ikan tak masalah.

selain itu ukuran ikan sangat berpengaruh saat pertumbuhan nya apabial awal bibit tidak seragam takut nya saat dewasa malah tidak seragam jadi nya ikan lele yang masih berukuran kecil malah di makan oleh ukuran yang lebih besar . dan terjadi panen hanya sedikit .

bagus nya anda pisahkan bibit yang berukuran sama dengan kolam yang sama . jangan lah anda campurkan bibit jadi 1 misal ukuan yang 4 cm di campurkan dengan yang 7 cm yang 4 cm malah di makan yang lebih besar. itulaha perhitungan nya . apabila anda kurang memiliki kolan yang cukup baik nya anda yang membeli 1 ukuran saja .

5. bibit kondisi sehat


sebelum anda membeli ikan sebaik nya tanyakan terlebih dahulu riwayat indukan nya dengan pembudidaya apaka bibiit pernah terserang penyakit supaya agar bibit terkena penyakit yang sama dapat mudah teratasi.

kalau memang harus mengunakan anti biotik dan obat lain perhatikan dan control dosis nya jangan terlalu tinggi . dosis yang banyak mengakibabtkanpenyakit bertambah kebal di tubuh ikan lele.

6. perhatikan riwayat indukan


dalam indukan memang sangatleh penting dalam mempengaruhi bibit ikan yang unggul hewan jenis apapun memang dari bibit jika indukan memiliki sifat bagus padti akan di warisi bibit yang unggul pula. karena ada sifar genetik.

pilihlah bibit dari perkwaninan inbrending atau kekerabatan nay tinggi . jika kekerabatn nya semakin jauh akan semakin bagus pula kualitas bibit nya.

kemudaian jenis indukan misal nya jenis sangkuriang akan lebih bagus dari bibit loka karena proses pemijahan nya . dan hasil panen nya pun akan memuaskan di bandika oleh bibit yang lokal.

Baca Juga : Budidaya Jangkrik Bagi Pemula Agar Cepat Untung

Baca Juga : Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula Lengkap

Subscribe to receive free email updates: