Cara Budidaya Kambing Etawa Hingga Berhasil

Budidaya Kambing Etawa

Ternak Kambing - dalam beternak kambing etawa memang tergolong gampang-gampang susah jika ada menghetahui cara berternak kambing etawa sangat lah mudah . dalam penanganan yang tepat akan menghasilkan hasil produksi susu atau pun daging nya . dan juga mengikuti kontes sesama kambing etawa ataupun kambing jenis lain nya. kambing etawa adalah salah satu yang banyak di budidayakan di indonesia . kambing ini bukan berasal dari indonesia tetapi berasal dari india. di india kambing ini biasa nya di sebut jamnapari. memang saat ini peluang usaha beternak kambing etawa sangat lah bagus sebagai pekerjaan sampingan atau tetap .karena permintaan pasar yang cukup tinggi yaitu berupa susu nya atau pun daging nya.

kambing etawa bisa melahirkan 2 tahun dalam 3 kali . karena hal itu sangat menguntungkan karena tergolong cepat dan biasa nya hanya susu nya saja di manfaatkan . biasa nya sangking cepat nya dalam 1 kandungan kambing ini bisa melahirkan sebanyak 4 ekor anak kambing. memang permintaan pasar sangat lah tinggi sehingga pemerintah belum mampu memenuhi permintaan sehingga melakukan impor kambing etawa. kambing ini biasa nya banyak di ternakan di daerah jawa tengah dan jawa timur . daerah ini memang banyak mengeluti usaha ternak ini karena memang menjajikan.

memang usaha ini cocok sebagai sampingan untuk menambaha uang perekonian karena perawatan dan beternak kambing ini tidak lah sulit jika sudah tahu ilmu nya. sebelum anda terjun ke dalam beternak kambing etawa harus lah tahu dan tips dan cara simak lah artikel yang di bawah ini :
  • dalam beteranak kambing ini harus lah anda tentukan tujuan anda budidaya kambing ini apa mau di ambil susu nya atau pun di ambil daging nya atau di jadikan lomba dan kontes.
  • dan carilah informasi tentang kambing etawa sebanyak-banyak nya bisa dari saudara kerabat peternak kambing atau buku dan sumber refernsi nya internet.
  • di dalam beternak kambing jangan lah mengebu gebu sebaik nya bertahap beli lah satu ekor pejantan dan betina apabila beranak beranak pasti akan menguntungkan. dan kemudian cata hasil pembelian kambing.
  • di dalam peletakan atau posisi kandang harus lah bebas dari hama dan hewan buas dan agar mudah cari lah agar dekat pakan atau rerumputan. agar mendapatkan makanan tambahan.
  • seiakan lah obat obatan agar kambing saat sakit bisa tertolongg , sebagai makluk hidup pasti lah akan terkena penyakit.
  • sering berkumpul di kontes lomba dan suka bertanya kepada peternak kambing etawa yang lebih senior
  • berusaha lah dengan maksimal , dan yakinlah usaha tidak akan menghianati hasil.
poin poin di atas semoga anda mengerti dan bisa menerapkan dan maka selanjutnya anda mulai praktik . dan usaha dalam beternak kambing etawa bisa menjadi lampangan pekerjaan bagi orang yang di sekitar anda.

dalam beternak kambing etawa ini memang tak sesulit beternak hewan lain nya seperti ungas ungasan karena waktu musin penyakit datang seperti flu burung dan tidak di tangani dengan cepat dan tepat akan mengalamin kerugian sehingga ayam menjadi mati. jika anda melakukan beternak dengan baik maka hasil nya pun baik dan hasil panen pun memuaskan.

Persiapkan Bibit Kambing Etawa

dalam memilih bibit tidak boleh lah asal-asalan dalam memilih bibit yang unggul dan baik dan sehingga akan menaikan hasil produksi . sebaik nya dalam bibit ungul bisa peroleh peternak kambing etawa langsung dan biasa nya harga dalam perekor kambing ini cukup lumayan mahal . dan simak cara membeli bibit di pasar hewan ataupun di peternak kambing etawa:
  1. pejantan cukup bagus pada usia antar menginjak 1,5 tahun tulang pada pungung lurus dan tidak benkok. tubuh lumayan besar tapi bukan lah gemuk. kaki saat bertapak kokoh tidak lah cacat dan nafsu makan dan berkawin pun tinggi.
  2. betina sebaik nya mempunyai karakter yang jinak kaki yang lurus dan kokoh , dan memiliki puting susu yang berjumblah 2 , tidak berbadan gemuk tulang pda pungung simetris tumit agak cenderung tinngi tentu nya kambing sehat dan tidak cacat.
Pemberian Pakan Kambing 

dalam pemberian pakan kambing tidak lah asal asalan apalagi anda mengeluti khusus kambing sebagai penghasil susu yang baik , di dalam makanan kambing harus lah memenuhi gizi yang cukup baik . sebaik nya di dalam pakan mengandung protein , vitamin , karbohidrat . dan pakan juga sebaik nya harus nya murah agar tidak membebani biaya baternak dan pemberian pakan setiap hari nya . biasa nya di pedesaan para peternak kambing memberi pakan berupa rumput yang segar dan hijau yang hasil mengarit . biasa nya untuk memberi pakan berupa vitamin para petenak biasa nya mencapurkan sayauran dan juga kacang-kacangan.

dalam pembuatan pakan kambing tidak lah rumit dan juga tidak mebutuhkan rumus rumus tertentu hal saya tahu dalam pembagian pakan berupa konsetrat denga perbandinga pakan 3:1 selain bahan tersebut , biasa nya para peternak ada cara lain mencampurkan yaitu bekatuk, bungkil kelapa, dan kapur dengan takaran 50% bekatul 25% bungkil 25% campuran kacang tanah dan kapur. kambing etawa bisa bertumbuh sehat dan hasil produksi yang bagus apabila anda menerapkan pakan di atas pemberian pada rumput hijau harus lah di selingkan tujuan agar kambing etawa tidak lah bosan.

dalam pemberian pakan rumput yang hijau untuk selingan juga tidak asal asalan ada tkaran yang khusus karena menimbulkan obsitas , ingatlah pakan buatan campuran dia atas cukup efektif sebagai pengemukan badan pemberian pakan rumput hijau 15 %dari berat badan kambing setiap hari nya.
jika masalah pada pakan sudah tercukupi dan terpenuhi untuk cepet pertumbuhan dan menjaga nafsu makan dapat kita beri vitamin dan premix. pemberian pakan bagus nya hanya 2x yaitu pagi dan sore dan tak lupa berilah air minum yaitu air bersih sebanyak 2 liter setiap hari nya agar kambing tidak mengalami dehidrasi dan bagus jika air di minum kambing di campur dengan garam yang beryodium.


Cara Penanganan Dan Memulai Beternak Kambing 

  1. dirikanlah kandang kambing cukup memberikan sinar dan panas matahari yang cukup agar kambing tetap sehat dan selain itu pengeringan pada sinar cukup bagus pada kotoran kambingsehingga mencegah terjadi nya adanya bakteri jahat dan terhindar dari penyakit kambing
  2. maksimalkan perakanan kambing ini karena pada umum nya kabing ini pun berakak sebanyak 3 x dalam 2 tahun dan tugas anda bagaimana kambing tersebut subur dan bisa beranak lagi. kambing etawa yang sudah mencapai kematangan dewasa (organ ) setelah 12 bulan dan sangat bagus karena mencapai kematangan dewasa , ada juga memasuki kematangan berumur 10 bulan dan bobot yang bagus 50kg dan kambing betina mempunyai birahi 1-2 hari dan siklus berhahan 2-3 minggu , ciri tanda kambing birahi yaitu gelisah , mondar mandir dan selalu bersuara , dan keluar cairan bening dan di kibaskan , kencing pun agak sering dan pada kambing pejantan akan naik.
  3. bagus nya menjaga pola makan sekiitar 5 bulan , setelah melahirkan 5 bulan 2-3 bulan di saat itulah menjaga pola makan. mendapatkan gizi yang baik dan pemberian vitamin yang cukup seimabang , dan tak lupa menjaga kebersihan kandang agar tidak terserang penyakit.
  4. dan terus meningkatkan hasil produksi kambing. karena agar hasil panen pun memuaskan , seperti kualitas pada susu pun baik dan keseburan pada daging pun baik , dan pada kotoran nya pun masih tergolong laku di jual dan tetap lah berusaha dalam meningkatkan hasil produksi.
masing-masing poin di atas memang lah penting , selain berusaha dan jangan lupa juga untuk berdoa agardalam beternak bisa sukses sekian artikel pembahasan budidaya kambing etawa jika anda suka dengan artikel ini bisa anda bagikan , tetap lah mencari ilmu dengan banyak membaca buku dan mencari refrensi di internet dan sering bertanya pda peternak kambing lain nya.

Baca Juga : Cara Ternak Lele Di Kolam Dengan Terpal

Baca Juga : Jenis Benih Bibit Lele Paling Unggul Dan Bagus

Subscribe to receive free email updates: