Cara Membuat Pakan Ternak Sapi Selain Rumput

Pakan Sapi Jerami

Pakan Sapi - selamat datang di blog belajar beternak, blog yang mengupas segala beternak yang baik dan juga menjadi sumber refrensi anda yang ingin beternak. sapi yang sehat dan gemuk dan berkualitas baik tentu saja menjadi indaman dan dambaan setiap peternaj sapi sehingga menjadikan harga jual sapi yang meningkat.

dan hal itu juga tak lupa pemberian pakan yang berkualitas pula. karena dari pakan yang bagus lah dapat dan faktor utama dalam penambahan bobot pada sapi. sehingga seiring tinggi harga sapi yang meningkat membuat para peternak berlomba lomba beternak sapi dan mengemukan nya. sehingga para peternak berpikir ulang dalam pembuatan pakan buatan sendiri yang harga nya murah berkualitas dan baik umtuk sapi itu sendiri.

Jenis Pakan Sapi Selain Rerumputan

pakan sapi di bagi menjadi 2 yaitu dedaunan hijau dan juga konsetrat dedaunan yaitu berasal dari rerumputan sedangkan konsetrat berasal dari : dedak , jagung, kulit kakao dan batang rumbia dan juga konsetrat pabrikan konsetrat bagus untuk sapi karena mudah di cerna oleh perut sapi dan juga mempercepat pertumbuhan pada sapi dan menambah bobot sapi.

ada juga pakan jerami yang di berikan kepada sapi . pada umumnya para peternak sapi hanya memberikan pakan jerami utuk pakan selingan saja apabila pakan dedaunan sudah kering pada musim kemarau. karena pada jerami memiliki protein yang cukup rendah dan juga sedikit memberi vitamin dan juga mineral .tak lupa jerami juga memilki kandungan serat yang cukup tinggi.

sehingga apabila jerami di olah dengan benar dan juga dengan mesin pasti bnyak ke untungan yang bisa di raup. karena bisa menjadi penganti dedaunan sementara apabila musin kemarau telah tiba sehingga dedaunan pun layu dan mati.

Cara Dan Tips Membuat Pakan Sapi Dengan Jerami.

dengan megolah jerami yang di fermentasi dan jerami hanya memilki protein 2% sampai  3% saja sehinga jika di olah jerami yang dengan fermentasi dapat meningkat menjadi 7% samapi 9% memang cukup tingi apabila jerami di olah dan di fermentasi.

selain itu jerami bagus dalam pencernaan pada sapi dan di dukung juga dengan aroma yang menambah penyemangat sapi untuk makan dan juga kebersihan nya pun lumayan.

Bahan Dalam Pembuatan Pakan Jerami Fermentasi

  1. pada jerami harus lah di perhatikan seperti tidak terlalu kering dan juga tidak terlalu basah dan sekitar 3 colt
  2. satu botol bioctivator atau ragi dalam pembuatan tape tapi di gunakan untuk jerami.
  3. dan air sekitar 300 liter - 400 liter.

Cara Pembuatan Olahan Pakan Sapi Dengan Jerami

  • taruh lah jerami pada lantai yang teduh tidak panas dan juga tidak basah tidak terkena hujan dan tidak terkena matahari dengan setebal 20 cm lalu padatkan dengan cara di injak
  • dan selanjutnya ragi yang sudah di siapkan laludi isi air , dan aduk sampai merata lalu percikan ke ke permukan jerami tersebut dengan merata.
  • langkah selanjut nya tumpuk lah jerami demgan ketebalan 20 cm lalu lalukan lagi cari ke dua sampai merata dan terus menerus. sampai jerami habis dan selesai.
  • dan tutuplah permukaan jerami dengan plastik dan biarkan lah sampai 7 - 10 hari.
  • pada hari ke 7 perikaslah bau yang timbul ke permukaan jerami . apabila bau sudah muncul ciri bau yaitu seperti tape dan jerami lunak dan tumpukan  mengeluarka jamur berwarna kuning maka proses permentasi sudah selesai. apabila proses di atas belum memunculkan tanda-tanda nya biarkan lah sampai 10 haridan periksa lagi dengan cara langkah di atas.

Waktu Kadaluarsa Jerami Hasil Fermentasi

apabila proses permentasi sudah selesai maka dari itu ketahanan pada jerami bisa mencapai dan di simpan selam 1 tahun. 

Tips Dan Cara Agar Fermentasi Awet yaitu dengan cara apabila proses di atas telah selesai dan proses permentasi sudah siap bongkar lah jerami lalu di angin-anginkan sampai kering.

lalu ikat lah kembali jerami dan pres dengan padat. dan perlu di ingat pakan untuk jerami hanya sebagai pakan penganti dan pakan cadangan saja untuk penganti rumput dan dedaunan saja.dan sapi juga perlu konsetrat minimum 2,5 % dari berat badan dan air minum 40 - 60 liter sehinga sapi memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan tidak gampang terkena penyakit

sikian lah cara membuat pakan ternak sapi dapat menjadi sumber refrensi anda dan dapat menambah wawasan anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Pakan Ternak Sapi Selain Rumput "

Post a Comment