Komposisi Pakan Ayam Petelur Yang Baik

Pakan Ayam Petelur

Pakan Ayam Petelur - kali ini admin akan memberi tata cara membuat pakan ayam petelur yang hemat biaya serta bisa menambah ke untungn dari beternak ayam ini adalm penyusunan pakan ayam petelur  perlu penghetahuann kandungan nutrien ,aktor pembatas dan pengunaan zat .

antinutrien ,kandangna serat yang kasar dan ketengikan dan mikotoksin , dalam pembuatan pakan tidak asal pemberian pakan kaya bisa menurun nya kekebalan tubuh dan menurunkan hasilproduksi telur dan bahan pakan ini terdiri atas :
  • Energi
  • Protein
  • Lemak
  • Mineral
  • Pakan ternak lain nya yang bernutrisi

1. Bahan Pakan Ayam Sumber Energi 

bahan pakan energi merupaka bahan pakan yang berasal dati biji-bijian dan limbah biji - bjian dan bahkan sumber utama pakan ternak ayam yaitu seperti jagung kuning ,sorgum, singkokng ,dedak padi, pollard ,minyak atau lemak

A. JAGUNG KUNING

pakan ayam petelur


jagung merupakan bahan pakan manusia dan hewan bagi manusia bahan pakan ini bisa menjadi penganti nasi bila nasi sedang naik dan jangung ini bisa menjadi energi utama pada pakan . dan faktor bisa menjadi sumber energi tinggi , tidak terdapat zat antinutrien , dan mengandung banyak pati dalam bentuk amilopektin dan jangung mempunyai protein yang cukup rendah sekitar 8%.

keseimngan aminano kurang baik , dan kandungan lisin pun rendah dan dalam kandungan metion tinggi . dalam formulasi ransum , dan umumnya pengunaan jagung di campurkan denkhan bungkil kedelai yang dapat menutupi asam amino pada jagung .dan kandungan umur jagung bisa mempengaruhi panen.

Baca Juga : Harga Jual Ayam berbagai jenis terbaru

B. SORGUM

pakan ayam petelur


apa itu sorgum yaitu biji bijan dalam sorgum sering banyak di gunakan pakan dan banyak di gunakan sebagai pakan ayam petellur kaya sifat nya kecil dan mudah di kosumsi ayam petelur .

lemah nya potensi sorgum di daerah atau tempat tertentu kurang baik dan hanya terdapat di temapt terntentu saja . dalam kandungan sorgum lebih tinggi dalam jagung dan mengandung sedikt xantitil

C. SINGKONG
pakan ayam petelur


singkong yaiitu tumbuhan yang buah nya hanya terdapat di akar dan di sebut juga umbi umbian dan tanaman ini banyak di tanam di indonesia dan banyak di jumpai di pasar , banyak olahan makanan yang di buat dengan singkong seperti keripik singkong, getuk tape singkong dan lain lain .

selain di gunakan menjadi olahan makanan , tumbuhan ini bisa di gunakan sebagai pakan ternak contoh nya pakan ayam , pakan bebek dan lain lain dan juga harga nya murah bisa menguranagi biaya pakan , dan tumbuhan ini tidak terlalu sulit di tanam dan tidak banayak membutuhkan air.

Baca Juga : Tips Dan Cara Ternak Ayam Bangkok Sampai Sukses

D. DEDAK PADI

pakan ayam petelur


pakan ini hal yang lumah pada peternak ayam bebek dan entok dari harga nya murah dan mudah di cari di tempat pengilingan padi, dedak padi di peroleh dari pengilingan beras dan kulit padi nya di buang keluar dan bubuk halus di wadahkan . dedak padi mempunyai banyak asam amino pada ungas dan tetapi keseimbangan asama amino pada ungas kurang baik

pengunaan pakan dedak harus di perhatikan pada ayam muda karena ada dedak yang bersifat kasar dan halus , dan apabila dedak yang di peroleh halus bagus di cerna pada ayam .dan dedak juga mempunyai kadar lemak yang lumayan tinggi dan dapat mengenyangkan ayam waktu yang lama.

demikianlah artikel yang membahas tentang pakan ayam petelur yang berkualitas semoga anda berhasil dalam beternak ayam petelur .

Subscribe to receive free email updates: