Cara Beternak Ayam Boiler Sampai Sukses

Cara Beternak Ayam Boiler Sukses


Beternak Ayam Boiler Potong - bagi anda pemula ingin mencoba peruntungan di peternakan sebaik nya anda banyak membaca refrensi di buka maupun di internet tentang beternak ayam boiler maupun ayam potong.

dalam budidaya ayam boiler atau ayam potong memang gampang-gampang susah kenapa saya bilang begitu karena dalam perawatan ayam ini membutuhkan perawatan khusus.

dalam ayam potong atau ayam boiler memang bisa menjadi pekerjaan sampingan anda atau pun pekerjaan tetap anda , dalam beternak ayam boiler memang sangat menguntungkan bila anda tau ilmu nya dan cara nya kapan harus di kasih makan dan kapan anda memanen ayam.

beternak ayam boiler atau ayam potong memang memliki potensi bagus dari segi daging nya dan segi penjualan nya yang cukup mudah dan murah dan waktu panen pun tergolong singkat, sehingga ayam ini banyak di minati oleh warga karena harga nya terjangkau beda lagi dengan ayam kampung harga nya lumayan mahal.

 sedikit informasi bahwasan nya ayam potong merupakan ayam yang mampu tumbuh dan berat hingga 5 kg dan harga / kilo nya pun Rp.20.000 rupiah di pasaran sehingga dalam usaha ternak ayam ini memang sangat mengiurkan bagi kalian yang ingin memulai usaha ini baik nya anda membaca artikel ini sampai selesai cara beternak ayam potong :
Tips Cara Beternak Ayam Potong 

1. Persiapkanlah Kandang Yang layak Buat Ayam

kandang ayam memang sangat di butuhkan dalam tempat berlingdung dari cuaca panas maupun saat hujan ayam ini memang cukup rentan terhadap penyakit tak jarang para peternak ayam meamasang lampu Bohlam ukuran yang besar agar ayam terasa hangat dan bebas dari sakit.

dalam kandang ayam harus memiliki dan memenuhi syarat berikut :
  • kandang dengan ukuran dan sesusai jumblah ayam yang akan di huni misalnya jika kalian beternak    ayam berjumblah 100 ekor maka di usahakan kandang ayam anda memiliki luas 25 m / segi.
  • dan kebersihan kandang ayam pun harus di perhatikan dan tak lupa saat anda membuat lantai ayam sebaik nya lantai di buat sedikit agak miring tujuan nya agar anda mudah membersihkan kotoran nya.
  • kandang harus memilkik ventilasi udara yang baik agar dalam segi pernapasan ayam pun baik tidak pengap dan , untuk menjaga suhu tubuh ayam di saat musin hujan maupun panas.
2. Peralatan Kandang Yang Lengkap 

dalam peralatan kandang harus memiliki tempat yang lengkap contoh nya saat 
  • wadah pakan 
  • wadah minum 
  • dan lampu pemijar , dan pembersih dan peralatan lain nya sekira nya nay di butuhkan.
3. Bibit Ayam Yang Unggul Dan Sehat

sebelum anda membeli bibit ayam, pastikan anda memilih bibit yang bebas dari cacat dan bulu nya pun harus kelichan ayam pun harus , barat bdana dan ukuran pun sesuai. 
4. Gizi Ayam Cukup 

gizi ayam meliputi makanan dan minuman ayam itu sendiri dan pastikan dalam kandaungan makanan dan minuman memenuhi gizi yang cukup dalam perkembangan ayam itu sendiri dan pastikan anda mmberi makanan yang cukup bagi ayam . 

berikan lah makanan 3 kali sehari dengan jumblah yang sesuai dengan jumblah ayam nya..dan berikan campuran obat pada wadah minum ayam atau vitamin tujuan nya agar terhindar dari penyakit dan jamur ayam.

5. Pemasaran Ayam

pemasaran ayam potong memang tergolong sangat mudah karena , selain harga nya yang murah dan daging nya pun tergolong besar , ayam ini banyak di jumpai di pasar atau pun minimarket.

saat anda menjual ayam ada baik nya jual lah pada bulan bulan atau hari tertentu misal nya pada hari hari besar seperti : hari raya idul fitri , adha , tahun baru natak dll karena semua orang sangat membutuhkan nya.

hindarilah anda menjual kepada pengepul ayam karena harga yang di tawarkan tergolong murah , karena sifat pengepul menjual lagi , jika anda ingin menambah ke untugan baik nya anda menjual kepada konsumen anda. seperti di pasar tradisional DLL.

sekian dari saya tips cara beternak ayam potong semoga anda dapat sukses dalam beternak ayam potong dan bisa menjadi pekerjaan tetap bukan lagi pekerjaan sampingan.

Subscribe to receive free email updates: