Cara Ternak Kelinci Pedaging Yang Unggul

Ternak Kelinci

Ternak Kelinci  - memang awal nya kelinci kategori hewan liar yang hidup di hutan . pada tahun 2000 kelinci mulai di jinakan dan di kembangbiakan karena melihat dari keindahan bulu nya dan lucuan muka nya . dan juga bukan hanya di jadikan hewan peliharaan tetapi juga di jadikan bahan pangan manusia.

dalam setiap negara mempunyai jenis kelinci mereka masing-masing dan banyak negara yang menernakan hewan ini hampir sebagian negara ada peternakan karena hewan ini mudah adaptasi di daerah dan lingkungan baru nya.

memang banyak keuntungan dalam beternak kelinci karena kualitas nya mudah dan daya kembangbiak nya pun tergolong cepat dan mudah dan juga di daging kelinci terdapat kadar lemak yang rendah dan perkembangan nya pun cukup cepat. dan bagus sebagai perkejaan sampingan anda maupun sebagai pekerjaan tetap anda. memang dalam beternak kelinci susah-susah gampang . dan bahan pakan nya pun tergolong mudah di cari dan gratis . bisa anda gunakan dedaunan yang khusus untuk memberi pakan kelinci. bisa anda temukan di ferensi internet maupun buku.

memang dalam beternak kelinci harus ada persiapan yang matang dan siap dan menerima kerugian ataupun keuntungan . memang harus ada perencaan yang matang agar yang didapat pun maksimal ada beberapa perencanaan yang dan sebagai penghetahuan anda dasar beternak kelinci dan merwat nya dan persiapan apa yang di perlukan dan cara memilih bibit yang unggul pada kelinci.

dan dalam artikel ini memnbahas beternak kelinci marilah simak artikel berikut:

1). Pembuatan Kandang Kelinci

Ternak Kelinci


dalam pembuatan kandang kelinci harus lah sudah di persiapkan desain nya dan perencaan nya dan kandang kelinci harus memilki suhu 15 - 20 derajar celcius yang pas nya 21 dan sirkulasi udara yang cukup lancar pada pagi hari dan kandang harus lah di sesuaikan juga . dalam pembuatan kandang pun memilkik kemudahan untuk mengambil kelinci ataupun membuang kotoran kelinci.

ukuran kandang yang banyak di gunakan para peternak kelinci saat ini 200 x 70 x 70 cm dan sudah bisa menampung 12 ekor kelinci betina dan 10 kelinci pejantan.

dalam kadang harus lah bersih dari hama kutu dan penayakit dan usahakan kandang kelinc selalu terjaga kekeringan nya itu sehingga penyakit pun tidak ada . pembuatan kandang kelinci pun harus sesuai dengan ukuan kelinci tersebut dan sesuai kebutuhan . dalam pembuatan kandang bisa di gunakan bahan : bambu , kayu , dan kawat

2) . Pemberian Pakan Pada Kelinci

pemberian pakan pada kelinci sebaik nya 2 x sehari pagi dan sore dan sebaik nya di beri stamina berupa pelet ataupun vitamin lain nya dan pelet di campurkan pada makanan atau pun di jejel langsung kelinci tersebut pemebrian pelet atau vitamin bagus nya pada sore hari.


pakam yang biasa di berikan pada kelinci
  1. makanan pkok pada kelinci tidak lah rumit dan sulit hanya di berikan saja rumputan segar dan sayuran segar jangan berikan pakan sayuran yang sudah layu dan tidak segar. apalagi pakan sudah berair.
  2. makanan untuk kuat menjaga stamina yaitu pelet dan vitamamin.
pakan kelinci tidak boleh asal ambil khsusus nya rumput karena kalau tidak mengerti akan menyakitkan kelinci itu sendiri seperti rerumputan kasar alang alang, rumput embun, dan jelantir.

makanan tambahasan seelain sayuran dan rerumputan antara lain : ampas apda tahu 40% dedaj padi 40 % tepung jagung 9% mineral premik 0.5 % dan tepung gaplex 10 % arang aktif 0.5 %.

3). Pemilihan Bibit Pada Kelinci 

dalam memilih bibit yang unggul sangat lah penting karena menetukan kualitas kelinci sehingga harga jual pun bagus . seperti biasa nya kelinci banyak memilki ras dan setiap ras memiliki ciri khas nya masing masing : ada jenis kelinci penghasil wool , kulit daging, dan kelinci hias/

jenis kelinci penghasil wool : angora 
jenis kelinci pedaging : carolina 
jenis kelinci pur dan bulu dan kulit : rex , dan silver 
jenis kelinci daging dan kulit : flemish giant , new zealand white 
jenis kelinci hias ; polish ,nederland , lop

Baca Juga : cara memilih bibit yang unggul 

4). Pemilihan indukan betina dan pejantan yang sudah siap kawin 

kelinci betina bagus nya pad umur 5 -6 bulan dan itu umur yang ideal dan siap kawin . sedangkan pada kelinci pejantan bagus nya berumur 6 - 8 bulanan . sudah bagus di jadikan indukan super dan unggul.

5). ciri indukan betina yang sudah birahi

ciri pada kelinci betina yang sudah birahi dan sudah siap kawin antara nya , dagu yang di gosokan pada bagian kandang , sikap yang gelisah, nafsu makan yang berkurang , pada air kencing berwarna keruh ,pada kemaluan nya agak bengkak dan warna merah legas.

6). cara mengawinkan kelinci 

ada waktu dan saat nya mengwinkan kelinci betina dan pejantan .biasa nya pagi yang lagi birahi seekor kelinci yaitu pagi maupun sore. karena kelinci dalam keadaaan subur .

dalam pengawinan kelinci baik nya kelinci di masukan ke dalam kandangpejantan maupun betina . tunggu saja perkawinan kelinci 2 kali dan sudah selesai pejantan di balikan ke kandang sperti semula.

biasa nya kehamilan kelinci sudah terlihat 12 - 14 harii dar perkawinan pertama maupun kedua. cara meraba kelinci tersebut sedang hamil bisa anda raba perut kelinci betina apabila ada terasa seperti bola tanda nya kelinci tersebut sedang hamil.

7). Jenis Penyakit Pada Kelinci

sebagai makluk hidup pasti lah ada penyakit yang menyerang tapi apa salah nya menghetahui berbagai pnyakit pada hewan yang 1 ini antara lain :

  1. kudis ( scabies ) penyakit ini di sebabkan sarcoptis scabiei yang menimbulkan gatal pada kaki hidung dan kepala . pencegahan nya meningkatkan kebersihan. dan juga penanganan nya di suntikan ivomex 
  2. perut kembung : perut yang bengkak pada kelinci hal nya manusia penangan nya bisa anda oleskan minyak ada 1 bag dan kelapa 4 bag di oleskan dan di minum.
  3. mencert : penyakit ini hal nya buka menyerang manusia saja tetapi juga hewan. tetapi pada hewan di sebabkan oleh makanan yang kotor dan busuk. pencegahan yaitu pembrian pakan berupa anti biotik alami atau di suntikan anti biotik.
  4. pilek : penyakit ini di sebabkan oleh virus dan juga kandang yang kotor pengbatan nya i suntikan antibiotik dan anti septik.
  5. kokkidiosis : di sebabkan kuman parasit dan menyerang usus dan hati kelinci cara pengobatan nya dengan obat mengandung sulfa.
  6. kanker telingga : di sebabkan ada nya kutu di bagian telinga dalam . ciri nya kelici mengosokan daun telingga nya. dan bisa di obati dangan obat oles dan pembasmin kutu lain nya.
  7. sembelit : biasa nya pakan di berikan kekurangan air . pengobatan berilah kelinci makanan yang mengandung air yang banyak.
  8. radang mata : biasa nya di sebabkan oleh terkena benda yang masuk kemata , biasanya kena debu asap dan kotoran lain nya.
  9. kaki bengkak : karena pda kelinci kekurangan vitamin D dan masa nya pertumbuhan . jadi pastikan anda memberi makanan yang bergizi dan cukup.
dalam beternak kelinci harus nya anda lebih cepat dan cekatan dalam menagani penyakit yang di timbulkan oleh virus , dan makanan. dan kebersihan kandang agar bebas dari berbagai penyakit kelinci di atas.

hal yang penting dan perlu di perhatikan dalam penanganan nya :
  1. kandang mempunyai sirkulasi udara yang cukup.
  2. dalam kandang jangan memasukan banyak kelinci 
  3. selalu perhatikan makanan nya dan kandang nya 
  4. jangan terlalu sering memang kelinci . kemungkinan kelinci akan mengalami stres.
sekian artikel di atas semoga anda berhasil dalam beternak kelinci artikel di atas Cara Ternak Kelinci Pedaging Yang Unggul. jika anda suka dengan artikel di atas bisa anda bagikan.

Subscribe to receive free email updates: