Budidaya Jangkrik Bagi Pemula Agar Cepat Untung

beternak jangkrik

Budidaya Jangkrik - di era sekarang ini memang peluang usaha bisa di dapatkan dari mana saja dari hal kecil maupun hal yang besar sekalipun sehingga walaupun usaha kali ini dari hal kecil tapi bisa mendapatkan perekononiam yang lumayan untuk menambah perekonomian. dalam binatang yang 1 ini bisa menjadi usaha yang mengiurkan memang perawatan yang mudah dan mengembangkan nya tidak sulit . jangkrik berasal bahasa latin ( grylidae ) hewan ini termasuk tergolong dalam binatang berseranga memang saat ini sudah ramai membudayakan hewan ini. tapi sebagai seorang pembudidaya jangan mudah menyerah pasti rezeki tidak akan tertukar .

jangkrik biasa nya di gunakan pada pakan ternak seperti :

  • burung
  • ikan hias maupun sebagai umpan pancing
  • musang
  • ullar
  • dan reptil lain nya

masih banyak hewan yang memakan binatang ini
dalam beternak jangkrik hanya ada beberapa jenis saja seperti kalung madu, upo aduan, sliring, gengong, gangsir putih. dan masih banyak lagi jenis yang admin belum ketahui bisa anda cari di internet maupun di buku lain nya.

memulai beternak jangkrik , alangkah bagus nya berasal indukan yang alam asli dan keadaan baik juga tak cacat indukan. memang dalam mencari indukan yang berasal dari alam agak sulit di dapat sebagai alternatif bisa anda membuat indukan yang bagus dengan beli dan di rawat yang lebih.

dalam usaha jangkrik sendiri minim resiko keberhasilan bisa mencapai 90 % dalam penetasan bisa sama sama asalkan anda merawat jangkrik dengan sunguh dan dalam pemberian pakan jangkrik haruslah pas jangan samapi terlambat . sayarat yang harus anda penuhi dalam beternak jangkrik yaitu
  1. lokasi dalam beternak harus lah tenang bebasa dari ganguan anak-anak dan hewan peliharaan lain nya
  2. harus mendapatkan sirkulasi udara yang cukup
  3. tidak terkena sinar matahri langsung dan berlebihan 
  4. jauh dari kandang ayam

Cara Ternak Jangkrik 


1. persiapkan lah kandang dan perlengkapan di kandang jangkrik

jangkrik melakukan kegiatan nya di malam hari jadi serangga ini di sebut juga hewan noturnal , maka dari itu jauhkan kandang jangkrik terkena matahari langsung. agar seperti habibat asli nya maka dalam kandang bagus nya di lapisi dengan lumpur sawah dan berikan lah dedaunan kering seperti daun pisang daun sukun dan dedaunan lain nya . karena itu akan menghindari kanibalesme dalam jangkrik.

sebaik nya kandang harus lah di lapisi lakban karena takut nya serangga jangkrik naik ke atas dinding dan kabur dan sebaik nya di salah satu dinding di beri lubang agar dapat sirkulasi udara dan menjaga kelembaban pada kandang . pada saat membuat kandang jangkrik tidak harus di buat dengan lebar dan tidak ada ukuran yang baku , di buat sekira nya saja sesuai kebutuhan dan jumblah populasi jangkrik saja.

biasa nya dalam kandang ukuran jangkrik para peternak mengunakan ukuran persegi panjang dan ketingian 30 - 50 cm dan lebar 60 -100 m sedangkan dalam panjang 120 - 200 cm kotak kandang biasa nya di gunakan dan di buat dengan kayu kaso . dan ada baik nya agar modal anda kecil bisa gunakan kayu triplek yang bebas dari bolong dan lapuk. kandang haruslah tersusun . dan kandang mempunyai kaki paling sedikit 4 buah saja sebagi peyangga.

dalam menghindari ganguan pada tikus , semut dan cecak dan hewan dan seranga lain nya maka dari ini kaki-kaki tiang penyanga di gunakan minyak tanah dan vaseline dan di lumurkan pada kaki kandang.

2. pembibitan pada jangkrik

dalam pembibitan pada jangkrik haruslah sehat dan tidak cacat , tidak lah sungut dan salah satu kaki patah dan umur pada jangkrik umunya 10 - 20 hari . memang calon indukan yang baik dan bagus berasal dari alam bebas. karena biasanya kekebala dan daya tahan tubuh sang jangkrik kuat dan baik. biasa nya pada indukan betina susah di dapatkan di alam bebas , sebaik nya indukan betina berasal dari peternak dan sedangkan pejantan dari alam bebas . karena pada pejantan lebih agresif.

cara mengenali indukan pada jangkrik jantan dan betina simak lah :

  1. indukan betina antena pada betina agak panjang dan lengkap dan dengan kedua kaki belakang nya masih lengkap. sehingga ketangkasan dan melompat nya agak lebih gesit dan kelihatan lebih sehat . badan pada betina berwarna hitam mengkilap dan juga bulu berwarna yang sama yaitu hitam mengkilap. bagus nya saat memilih jangkrik yang mengeluarkan zat cair pada mulut dan dubur apabila saat di pegang.
  2. pada indukan pada jantan biasa nya mengeluarkan suara yang berisik dan mengerik pada permukaan badan dan pungung agak kasar dan bergelombang . perawatan pada jangkrik dikeluarkan pada kotak biasa nya berumur 10 hari dan harus benar benar di control dan perhatikan makanan nya . karena pertumbhan tergolong cepat sehingga apabila makanan pada jangkrik kurang , maka pada anakan jangkrik akan menjadi kabinal dan memakan anakan yang lebih kecil.
harus lah di kontrol kelembaban dan suhu pada kandang anakan maupun indukan , dan sering dan di control takut nya ada binatang yang masuk ke dalam kotak jangkrik , sperti , semut , tikus ,cecak , laba-laba, kecoa. makanan yang bisa di berikan pada jangkrik anakan antara lain ubi , singkong , sayur , dan dedaunan dan di beri makan bergantian.

memang saat ini dalam penegembang biakan jangkrik dengan mengawinkan saja dengan indukan dan pejantan. sedangkan pada bertelur biasa nya di gunakan cara caesar namun memang beresiko karena pada betina nya akan mati dan telur yang di peroleh pun kurang merata. sehingga daya tetas nya pun kurang maksimal.

indukan biasa nya meproduksi telur dan daya tetas nya 80 -90 % apbila di berikan makanan yang khusus dan ramuan yang khusus akan lebih bagus dalam segi bertelur dan menetas memang setiap peternak jangkrik . makanan dan ramuan yang di gunakan bagi peternak  antar lain : bekatul jagung, ketan item , tepung ikan , kuning telur . dan vitamin lain nya.

telur pada jangkrik biasa nya di taruh dan di letakan padadi tanah atau pun pasir dan tanah. maka saar di dalam kandang harus lah di gunakan media pasir dan tanah . sebaik nya pasir saja dengan takaran 1 piring pasir . dalam perbandingan perkawinan biasa nya 10 betina dan 2 pejantan agar dapat telur daya tetas nya lumayan dan tinggi. apabila indukan selesai bertelur hinga 5 hari sebaik nya pisahkan telur dan indukan agar telur aman dari kabinal lisme indukan , dan kemudian kandang bagian dalam nya semprotkan larutan antibiotik (cotrymoxale).

sebaik nya dalam 1 kandang cukup masukan 1 - 2 sendok telur pada kandang pada kandang baru dan perkiraan jumblah telur  1500 - 2000 butir telur selama di pindah kan warna dan bentuk telur tidak berubah seperti awal nya . pada kelembaban pada telur harus tetap terjaga pada penyemprotan telur harus lah di bolak balik dan di semprotkan setiap hari agar mencegah jamur pada telur . telur biasa nya akan menetas pada usia 4 - 6 hari .

3. pemelihraan pada jangkrik 

seperti di jelaskan yang pertama memang dalam pegolahan pada peternak jangkrik ini sanitasi merupakan masalah yang cukup penting . agar mencegah hal hal yang tidak di inginkan pada kandang , kandang harus lah bersih dari segala racun dan zat - zat yang berbahya . maka dari itu sebelum jangkrik di masukan pastikan hal hal tadi suda tidak ada . bagus nya pada dinding pada kandang di olesi lumpur sawah dan berikan obat terntu di bagian kaki kandang agar hama dan seranga lain nya tak bisa masuk ke dalam kandang.

memang dalam perwatan jangkrik dan di samping itu sebaik nya di usahan kandang seperti habitas asli nya. yaitu lembab dan gelap. dan jangan lupa dan gizi nya . dan tak kalah penting usahakan pada kandang jangan terjadi kanibalisme pada jangkrik lain nya.

4. pemberian pakan jangkrik

pada anakan jangkrik umur 1-10 hari di berikan lah voor atau makanan ayam dan juga beri kacang kacangan . seperti kedelai , beras merah , dan jagung kering yang sudah di haluskan . setelah fase ini anakan siap untuk di beri makanan seperti sayuran , jagung muda dan gambas. dan bagi betina dan pejantan yang sedang di jodohkan berikanlah pakan sperti , jagung muda, wortel, sawi, kacang tanah daun singkong dan ketimun. dan timun karena kandungan air yang tinggi .ada juga peternak mengunakan pakan yang masih di jodohka seperti : tepung ikan , ketan hitan , kuning telur, bekatul jagung dan di campurkan menjadi 1 lalu di haluskan dan tambahkan vitamin juga.

5. memeilihara pada kandang 

air pada kaki kandang , sebaik nya di ganti 2 hari skali dan kelembaban kandang harus lah terjaga dan di perhatikan serta juga di perhatikan agar hama atau bahya lain nya tidak masuk ke dalam kandang.

hama dan penyakit bisa masuk ke dalam kandang :
  1. penyakit pada jangkrik memang belum di temukan yang serius menyerang jangkrik . biasa nya penyakit yang timbul ada nya jamur pada daun. sedangkan hama yang selalu meyerang serangga kecil yaitu cicak, ular katak dan tikus.
  2. dalam pencegahan serangan hama dan penyakit . untuk menhindari penyakit jamur maka dari itu makanan harus lah terhindar dari jamuran dan harus nya terlihat bersih dan sehat . dalam pencegahan hama memang sangat praktis bisa di atasi dengan membuat kaleng yang di isi air , minyak tanah dan gemuk lalu oleskan pada kaki kandang.
  3. pemberian obat dan vaksin memang dalam penganganan hama dapat di atasi primitif. maka dalam penyakit jangkrik bisa di tekan . jadi dalam pemberian obat vaksin dan vitamin sangatdi perlukan.
dalam panen jangkrik 

peternak yang cerdas dapat memperolrh 2 hasil dan bisa di nilai ekonomis nya , yaitu pada tekur bisa di jual kembali dan jangkrik bisa menjadi pakan hewan pliharaan yaitu pakan burung dan ikan dan di buat tepung jangkrik lalu di beri pakan hewan lain nya.

gimana tertarik kah anda dalam beternak jangkrik memang dalam peternak harus memilki kesabaran yang extra itu lah artikel yang berjudul budidaya jangkrik yang mudah bila anda suka dengan artikel ini bisa anda bagikan kepada teman atau lain nya.

Baca Juga : Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula Lengkap

Baca Juga : Jenis Benih Bibit Lele Paling Unggul Dan Bagus

Subscribe to receive free email updates: